Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog "بسم الله" Terima kasih Ya Allah atas rizki yang telah Engkau berikan.

Selasa, 05 Maret 2013

Masalah Hidup



Assalamualaikum Wr. Wb.
Bicara mengenai masalah hidup..
Banyak diantara kita yang berkata “Waahh enak ya jadi dia punya banyak uang, sukses, punya jabatan tinggi, dan sepertinya mereka tidak mempunyai masalah.
Kira-kira bener gak? Enggak!
Karena justru kita sebagai manusia terbentuk dan terlahir ke dunia ini karena masalah. Karena Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 286 yang artinya:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..”
Sebesar dan sesulit apapun masalah kita harus yakin bahwa kita pasti bias menyelesaikannya, karena kembali ke ayat di atas bahwa Allah membebani seseorang sesuai dengan kesanggupannya.
Sama halnya seperti sekolah, kalau kita ingin naik kelas atau menuju ke level yang lebih tinggi, harus ada apa? Ujian kan?
Nah tapi saat ini kita berada di sekolah kehidupan, dimana kalau kita ingin naik kelas dan menuju ke level yang lebih tinggi di hadapan Allah, harus ada apa? Ujian kan? bukan ujian namanya kalau gak susah.
Tapi disaat masalah dan kesulitan datang kita hanya perlu yakin dan percaya bahwa saat itu adalah waktu kita untuk naik kelas di hadapan Allah SWT. Amin. Karena Allah berfirman dalam surat Al-insyiqaq ayat 19 yang artinya :

 “Sesungguhnya kamu malalui tingkat demi tingkat(dalam kehidupan)”
Beberapa bulan yang lalu ada seseorang yang pernah mengingatkan saya dia bilang 
“Jangan katakan kepada Allah bahwa kita punya masalah besar, tapi katakana kepada masalah besar bahwa kita punya Allah Yang Maha Besar.”
Jadi, sebesar apapun masalah tidak akan pernah melebihi besarnya Sang Pencipta masalah tersebut yaitu Allah SWT.
Dalam menghadapi masalah kita tidak perlu berkata “Ahhh,…semua orang tidak mengerti saya!, tidak pahan dengan apa yang saya rasakan!” dan tidak perlu juga menyendiri di kamar, atau merasa terpuruk sedalam-dalamnya. Karena Allah SWT berfirman dalam surat A-baqarah ayat 186 yang artinya : 
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.”
Allah SWT selalu dekat dengan kita, bahkan kedekatannya lebih dekat dari uarat nadi yang ada di leher kita. Terkadang, kita yang kurang menyadari kehadiran-NYA dan malah menjauh dari-NYA.
Semoga Allah SWT selalu memberikan jalan dan kemudahan atas setiap permasalahan yang menghampiri hidup kita. Tetap semangat karena tanpa semangat kita tidak akan punya tenaga untuk menyelesaikan semua permasalahn, tetap  berdoa karena Allah mencintai hamba yang hanya bergantung dan selalu memohon kepada-NYA, dan tetap sabar karena Allah bersama orang-orang yang sabar.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar