Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog "بسم الله" Terima kasih Ya Allah atas rizki yang telah Engkau berikan.

Minggu, 03 Juni 2012

Hidup Sehat Cara Rasulullah SAW

Kesehatan sangat mahal harganya, makananya dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips cara hidup sehat Rosululloh, selamat menyimak….
1. TIDUR DENGAN TERATUR
Beberapa kebiasaan rosululloh sebelum tidur adalah sebagai berikut:
Pertama, Sebelum tidur biasakan membersihkan diri dengan berwudhu’ dan bersiwak atau menggosok gigi.
Kedua, Tidur dengan memakai pakaian yang pantas, bukan pakaian yang menyiksa raga seperti ketat dan menyesakkan sehingga mengganggu ketentraman tidur.
Ketiga, Hendaklah tidur dengan posisi tidur miring ke kanan dan menghadap kiblat sebagaimana yang diajarkan nabi dalam sabdanya riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim, beliau bersabda, “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.”
Sedangkan tidur bertumpu pada sisi kiri badan berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menghimpit posisi jantung akibatnya sirkulasi darah ke otak terganggu.
2. BANGUN TIDUR SEBELUM SUBUH
Rosululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat Fardhu, sholat subuh berjamaah.
Hal ini adalah cara yang selalu Rosululloh contohkan kepada kita untuk dapat diikuti.
Pada waktu Subuh, banyak terdapat gas ozon, hormon pertumbuhan, dan cortisol yang sangat berguna bagi kesehatan. Kadar gas ozon itu mengandung banyak oksigen yang mampu mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.
3. AKTIF MENJAGA KEBERSIHAN
Rosululloh Salallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa rapi & bersih, tiap hari kamis atau Jum’at beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi.
4. TIDAK PERNAH BANYAK MAKAN
Rosululloh Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda: “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)” (HR. Muttafaq Alaih)
Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda: Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan.
5. GEMAR BERJALAN KAKI
Rosululloh Salallahu ‘alaihi wa sallam selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.
6. TIDAK PEMARAH
Nasihat Rasulullah: “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan seorang Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.
Bahkan Rosululloh telah mengajarkan terapi yang tepat untuk menahan marah:
§  Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
§  Membaca Ta ‘awwudz, karena marah itu dari Syaithon
§  Segeralah berwudhu
§  Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati
7. OPTIMIS DAN TIDAK PUTUS ASA
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras, serta tawakal kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala.
8. TAK PERNAH IRI HATI
Untuk menjaga stabilitas hati & kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan yang sangat tepat.
Itulah beberapa cara menjaga kesehatan yang diambil dari kebiasaan hidup Rosululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam. Semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wallohu ‘alam…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar