Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog "بسم الله" Terima kasih Ya Allah atas rizki yang telah Engkau berikan.

Senin, 04 Juni 2012

Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Samudra Pasai terletak di sebelah utara Perlak, di  muara Sungai Pasai. Letak Kerajaan Samudra Pasai sangat strategis dan merupakan pintu gerbang untuk memasuki Indonesia bagian barat.Samudra Pasai merupakan bandar international dan menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari Gujarat, India, Persia, Cina, dan Arab. Diperkirakan Samudra Pasai mendapat pengaruh Islam sejak abad ke-8.

a.         Berdirinya Kerajaan Samudra Pasai
      Kerajaan Samudra Pasai didirikan oleh Marah Silu yang dibantu oleh Syeikh Ismail (Syarif dari Mekah). Marah Silu berhasil menyatukan daerah Samudra dan Pasai. Kedua daerah tersebut akhirnya dijadikan sebuah kerajaan bernama Samudra Pasai pada tahun 1290. Selanjutnya, Marah Silu menjadi Raja Smudra Pasai dengan gelar Sultan Malik al Saleh.

 b.         Pemerintahan dan Perkembangan Sosial Ekonomi
        Perkembangan pemerintah dan sosial ekonomi Kerajaan Samudra Pasai dimulai dari kepemimpinan raja-raja ini: 
               
1)         Raja Malik al Saleh
     Raja Malik al Saleh adalah raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Sebeleum masuk islam ia bernama Marah Silu. Sebagai raja pertama, Malik al Saleh berusaha meletakan dasar-dasar kekuasaannya secara islam.Malik al Saleh juga telah berusaha untuk mengembangkan kerajaannya. Salah satu upayanya adalah mengembangkan bidang perdeagangan.

  2)       Sultan Malik al Tahir (1297-1326)
       Nama Sultan Malik al Tahir adalah Sultan Muhammad.Beliau adalah putra Sultan Malik al Saleh.  Pada masa pemerintahan ayahnya ia meneruskan usaha ayahnya sehingga Kerajaan Samudra Pasai terus mengalami perkembangan.

   3)      Sultan Malik al Tahir 2
         Nama Raja ini adalah Raja Ahmad. Sultan Malik al Tahir 2 sangat teguh memegang ajaran agama islam. Sultan aktif menyebarkan ajaran islam ke daerah sekitarnya. Dengan demikian, Samudra Pasai juga berkembang sebagai pusat pembelajaran agama islam.

c.      Berakhirnya Kerajaan Samudra Pasai
     Kerajaan Samudra Pasai dapat dikatakan sebagai awal pembangkitan kekuasaan islam di Indonesia sebab Samudra Pasai merupakan kerajaan islam yang penting di Indonesia. Secara ekonomi, raja-raja Samudra pasai berusaha mengembangkan terus kerajaannya sebagai pusat pelayaran dan perdagangan. Kerajaan Samudra Pasai berkembang sampai abad ke-16.

   Munculnya Kerajaan Malaka menyebabkan Kerajaan Samudra Pasai kehilangan peranannya dalam perdagangan dan penyebaran agama islam. Selain itu, munculnya Kerajaan Aceh menyebabkan makin mundurnya Kerajaan Samudra Pasai. Karena semakin lemah, maka pada tahun 1522 Kerajaan Samudra Pasai diduduki Portugis.


 Sumber : Sadirman, dkk. 2008. Pembelajaran IPS Terpadu. Solo : Platinum.
a.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar